Selasa, 12 Mei 2009

Analisa dan Perancangan Sistem Transaksi Pada Aplikasi E-Commerce

Perkembangan dunia internet khususnya di Indonesia semakin pesat yang mana telah memberikan nilai tambah bagi dunia bisnis. Perilaku bisnis yang mengarah pada ketepatan dan kecepatan dalam melakukan transaksi merupakan bagian yang paling utama untuk dilakukan. Betapa tidak, dengan ketepatan dan kecepatan informasi tersebut baik sistem transaksi maupun informasi hasil transaksi yang akan diterima oleh pelaku bisnis tentunya akan memberikan suatu parameter dalam melangkah untuk memajukan bisnis yang mereka lakukan.

Salah satu dari produk internet tersebut adalah hadirnya e-commerce sebagai salah satu media aplikasi untuk melakukan transaksi secara elektronik antara pelaku usaha yang terlibat saat itu. Selain mampu untuk bertransaksi secara cepat, tepat serta dapat dilakukan saat itu, e-commerce juga mampu untuk mempertemukan para pelaku usaha dari berbagai belahan dunia yang ada untuk dapat saling berkomunikasi dalam mendukung proses bisnis yang ada. Selain itu, kemudahan yang dapat diraih adalah perusahaan mampu untuk menekan biaya operasional seperti menyediakan tempat untuk mengadakan pertemuan, atau menyimpan produk, atau mempromosikan produk dengan cara mengundang atau mendatangi lokasi dimana customer berada.

Sistem pengamanan dalam melakukan transaksi merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam mengimplementasikan e-commerce, karena dengan adanya jaminan keamanan tentunya akan memberikan rasa aman terhadap customer dalam melakukan transaksi. Selain itu, kemudahan prosedur keamanan dalam melakukan transaksi oleh customer serta sistem pengamanan terhadap hasil transaksi merupakan hal urgen yang harus dipenuhi. Bagaimanapun juga kenyamanan customer merupakan perioritas pertama dalam meningkatkan layanan terhadap customer.

Hasil penelitian ini berupa blue print yang terdiri dari hasil rancangan berupa rancangan teknologi keamanan, rancangan sistem pembayaran, rancangan model transaksi, rancangan mekanisme transaksi, rancangan sistem pengamanan terhadap hasil transaksi yang dilakukan serta hasil perbandingan antara hasil rancangan dengan hasil penelitian. Dengan hasil rancangan ini diharapkan mampu memberikan rasa aman dan percaya terhadap sistem transaksi elektronik yang terjadi.

Kata Kunci : e-commerce, transaksi elektronik, customer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakanlah kata-kata yang baik dan benar!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...