Senin, 11 Mei 2009

Artikel B2C

Pengenalan B2C

Business to Customer (B2C) merupakan bagian dari e-commerce yang biasanya digunakan untuk bertransaksi atau melakukan aktivitas jual beli secara langsung. Misalnya untuk mengetahui jumlah barang yang ada di pasar, atau melakukan proses jual–beli barang. B2C merupakan salah satu model e- commerceyang muncul untuk membantu suatu perusahaan dan konsumen untuk dapat bertransaksi secara elektronik/digital dimana saja dan kapan saja dalam nilai nominal yang tidak besar.

 

Perusahaan B2C

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang mulai menerapkan strategi B2C diantaranya adalah perusahaan besar seperti ebay.com danamazon.com. Kedua perusahaan ini sudah banyak dikenal dikalangan pengguna internet. Selain tempat jual beli produk disana juga bisa melakukan promosi sendiri terhadap produk yang akan jual.

Salah satu Perusahaan yang menggunakan strategi B2C yaitu perusahaan asuransi seperti Manulife Indonesia. Perusahaan asuransi ini, menyediakan berbagai fasilitas didalam situsnya diantaranya sejarah perusahaan, sistem pemasaran, cara pembayaran, dan jenis produk dan layanan yang diberikan.

1.           Sejarah perusahaan

Manulife Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jiwa, program kesejahteraan karyawan ( employee benefits ), dan reksa dana yang mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 1985. Sebagai anak perusahaan Manulife Financial Corporation yang berpusat di Toronto, Kanada, Manulife Indonesia dikenal memiliki kondisi keuangan yang kuat dan komitmen pelayanan yang prima untuk seluruh nasabahnya.

Berkualitas dan meraih hasil maksimal merupakan komitmen Manulife Indonesia dalam menjalankan bisnisnya. Prestasi besar yang menjadi ciri Manulife Indonesia dalam memelihara kepercayaan para nasabahnya adalah mampu menyelesaikan klaim secara jujur dan benar serta mampu mengatasi segala tantangan. Manulife Indonesia tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia, dan kini telah melayani lebih dari 1.000.000 nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan dukungan sekitar 5.000 karyawan dan agen profesional, Manulife Indonesia siap melayani dan membantu Anda melalui hampir 100 divisi pemasaran yang tersebar di lebih dari 20 kota besar di Indonesia. Dewan Direksi Manulife Indonesia saat ini terdiri dari :

-                   David Beynon , Presiden Direktur

-                   Adi Purnomo , Vice President Director & Senior Executive Vice President

-                   Nelly Husnayati . Executive Vice President & Chief Agency Officer

 Di masa mendatang, Manulife Indonesia bertekad menjadi pemimpin dalam industri asuransi jiwa, employee benefits , dan reksa dana di Indonesia, dengan menyediakan produk-produk yang inovatif dan kompetitif, standar pelayanan yang prima, komitmen jangka panjang di Indonesia serta kekuatan finansial yang solid.

2.           Sistem pemasaran (Market Place Position)

Web bearalamat www.manulife-indonesia.com merupakan bentuk partisipasi on-line dari perusahaan asuransi Manulife Indonesia. Ditinjau dari posisi marketplace, situs ini menunjukkan bahwa Manulife Indonesia merupakan jenis perusahaan B2C (Business to Customer) yang concern dalam bidang jasa.

Produk yang ditawarkan berupa asuransi jiwa, employee benfits, danwealth managementLayanan ini ditujukan untuk para end customer, dalam hal ini para pemegang polis, berupa individu dan perusahaan. Karena Manulife Indonesia mengklaimkan diri untuk memberi layanan personal yang eksklusif, maka proses pembelian yang dianut pun berupa lowvolume-highvalue.

Sebagai sebuah perusahaan B2C, Manulife Indonesia telah menerapkan konsep e-Commerce dalam web-nya. Perusahaan asuransi ini menyediakan fasilitas bagi pihak eksternal (dalam hal ini para pemegang polis asuransi) untuk berinteraksi tanpa batas dengan perusahaan lewat duniamaya.
3. Sistem pembayaran (Revenue Model)

Dalam usahanya untuk membangkitkan income, web yang dibuat Manulife Indonesia tak hanya mendeskripsikan informasi seputar perusahaan saja. Perusahaan ini juga menyediakan online service yang makin memudahkan customer untuk berinteraksi dengan perusahaan. Fasilitas tersebut berupa layanan pembayaran premi asuransi secara onlinemelaluiAutoDebetBCA.
Demi menjaring komunitas online, Manulife Indonesia menyediakan email khusus yang berperan sebagai 
customer service serta bulletin elektronik. Sarana ini dibangun demi mengetahui voice of customer. Konsumen diperkenankan menyampaikan saran, kritik, atau pertanyaan seputar Manulife melalui media ini. Tak hanya itu, Dalam web-nya, konsumen juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang dihelat Manulife Indonesia dengan meregistrasikan diri secara online.

4.  Produk dan layanan

Produk dan layanan yang ditawarkan Manulife Indonesia berupaasuransi jiwa, employee benfits, dan wealth management.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Gunakanlah kata-kata yang baik dan benar!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...